Ayo mengenal ANIM8OR dan pelajari dasarnya - Animator Indonesia
Headlines News :
Home » , , » Ayo mengenal ANIM8OR dan pelajari dasarnya

Ayo mengenal ANIM8OR dan pelajari dasarnya

Written By Pengamat JAV on Sunday, September 30, 2012 | 5:39 AM

PENGENALAN
Anim8or adalah sebuah program animasi komputer 3D yang dirancang untuk memungkinkan penciptaan langsung animasi. Anda secara interaktif membuat dan mengedit objek, gambar, dan pemandangan langsung pada layar komputer. Antarmuka dasar mirip dengan paling 3D animasi dan program CAD, seperti ditunjukkan pada screenshot berikut:
Anda mengendalikan berbagai aspek dari pekerjaan Anda menggunakan mouse komputer biasa atau tablet. Anda pilih dan seret, putar, skala dan letakkan benda dengan mengklik dalam berbagai pandangan dari pekerjaan Anda. Ada dua toolbar yang dapat Anda gunakan untuk tugas umum. Yang ada di bagian atas memiliki tombol untuk perintah-perintah umum yang digunakan di seluruh Anim8or, sedangkan di sebelah kiri memungkinkan Anda untuk mengubah mode operasi untuk tugas umum pada saat ini yang Anda gunakan. Menu yang biasa ada kurang sering digunakan untuk tugas-tugas.
Anda dapat mengontrol tampilan objek untuk melihat bagaimana mereka muncul dari front, left, top, back, perspective, dll, dan Anda dapat menunjukkan baik beberapa pandangan atau satu tampilan pada layar Anda.
Ada empat mode kerja utama, dan objek-browsing mode. Pertama, ada object editor sebuah benda yang digunakan untuk membangun (kebanyakan) objek statis.
Kedua, ada figure atau character editor. Anda menggunakannya untuk menentukan struktur dari sebuah karakter yang Anda ingin menghidupkan tulang disambung dengan menghubungkan bersama-sama, dan benda untuk mereka. Anda dapat memberikan cara-cara yang berbeda setiap sendi di mana mereka diizinkan untuk bergerak dan membatasi jangkauan, seperti siku atau bahu Anda dapat bergerak hanya dengan cara tertentu.
Ketiga, ada sebuah gerakan atau sequence editor(urutan editor). Di sini Anda dapat menetapkan segmen gerakan sebagai satu siklus berjalan-jalan. Ini kemudian dapat dihubungkan bersama di rantai di editor adegan lagi urutan.
Keempat, Anda menempatkan bersama-sama adegan akhir Anda dalam scene editor. Di sini Anda menempatkan objek dan dibangun di bagian lain dalam Anim8or terakhir mereka “world”. Anda dapat mengontrol bagaimana mereka bergerak, dan di mana kamera berada. Anda juga dapat memberikan pemandangan berbagai jenis lampu.
Setelah Anda telah membuat sebuah model atau adegan yang bisa Anda berikan kualitas tinggi .Jpg, dan .Bmp untuk gambar dan .avi untuk film dan menyimpannya ke disk untuk digunakan.
Akhirnya, ada objek browser untuk membantu Anda melihat dan mengatur objek Anim8or Anda. Anda juga dapat mencari disk anda untuk obyek dalam format lain.
MENGGUNAKAN MOUSE
Anim8or memerlukan penggunaan mouse dengan dua tombol. Anda menggunakan kiri sebagian besar waktu untuk memilih, bergerak, dan perubahan objek. Ketika Anda memilih sesuatu, tombol kiri selalu membatalkan pilihan semuanya sebelumnya, sehingga hanya satu barang tetap dipilih. Tombol kanan, di sisi lain, memungkinkan Anda untuk memilih beberapa item baru dengan menambahkan item yang dipilih untuk mereka yang sudah jadi. Pada versi 0.7 Anda dapat menggunakan tombol tengah untuk hapus pilihan pemilihan apa pun. Jika Anda tidak memiliki tombol tengah, tekan dan tahan tombol alt dan tombol kanan dapat digunakan untuk fungsi-fungsi ini sebagai gantinya.
Ketika bergerak, berputar, atau non-seragam skala sesuatu, perubahan tombol kiri X dan Y-sumbu. Pindah ke kiri atau kanan mempengaruhi sumbu X, dan naik turun Y, mengubah tombol kanan Z.
Anda dapat klik dua kali lipat pada sesuatu untuk memunculkan dialog edit untuk item.
Anim8or memiliki perintah undo(membatalkan) lengkap Objek, Gambar, Sequence dan Scene Editor. Selama Anda tinggal di salah satu Editor, Anda dapat undo dan redo(mengulang) beberapa perintah pengeditan. Sejarah disimpan sebagai banyak perubahan yang dapat disimpan dalam buffer undo. Ukuran default adalah 1 MB dari memori tetapi Anda dapat meningkatkan Konfigurasi ini dalam dialog. Jadi kecuali jika anda mengedit model besar, Anda akan dapat membatalkan lebih dari satu operasi.
Anda menggunakan Edit-> Undo dan Edit-> Kembalikan perintah menu untuk menerapkan membatalkan dan mengulang’s. Atau Anda dapat menggunakan cara pintas keyboard Ctrl-Z dari dan Ctrl-Y.
Sebagai alternatif untuk Undo, Anda tetap dapat menggunakan asli (agak sederhana, dan untuk beberapa orang menjengkelkan) pengganti. Bila Anda menyeret mouse di jendela utama untuk mengubah sesuatu, katakanlah objek orientasi, dan anda berpikir “Ups! Aku tidak mau melakukan itu!” hanya terus menyeret mouse sampai di luar jendela tampilan aktif dan lepaskan tombol. Ini akan membatalkan operasi.
Namun, ketika menggunakan ini dan program komputer lainnya, saya masih menawarkan saran yang sama: “Save Early, Save Often!”. Dan tidak selalu menyimpan file yang sama. Menyimpan cadangan baru-baru ini berguna.
TOOL TIPS
Anda dapat mengaktifkan tips alat dengan Pilihan-> perintah menu tooltips. Kemudian jika Anda menghentikan kursor mouse di atas tombol toolbar berfungsi akan ditampilkan dalam status bar.
TOOLBAR dan MENU
Berikut ini adalah bagian dari toolbar yang khas. Kotak ini memiliki beberapa bagian di dalamnya yang mengontrol aspek-aspek yang berbeda dari perilaku. Toolbar ini memiliki beberapa modus yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah modus PUTIH , modus HITAM dan modus ABU-ABU . Yang putih menunjukkan bahwa modus atau option yang terkait saat ini sedang dipilih atau berlaku. Yang hitam menunjukkan keadaan yang tidak dipilih. Tombol abu-abu menunjukkan pilihan yang saat ini tidak tersedia.
Kelompok teratas masing-masing tombol pada toolbar bertindak sebagai radio yang menunjukkan saat ini modus edit tampilan yang aktif. Ketika Anda mengklik salah satu dari mereka, menjadi disorot dan modus yang dipilih. All of the others are deselected. Semua yang lain tidak terpilih. Makna dari berbagai tombol dalam kelompok ini, dan tombol umum lainnya, akan dijelaskan di bawah ini.
COMMON BUTTON
Kelompok paling atas dapat memiliki hingga 4 tombol di dalamnya. Ketika Anda mengklik pada salah satu itu mengatur modus ditunjukkan, dan perubahan bagian bawah toolbar untuk menunjukkan fungsi-fungsi yang ada dalam modus baru Anda. Modus yang berbeda:
Tombol ini menunjukkan bahwa anda berada di paling dasar pilih-dan-mode edit untuk editor yang sedang Anda gunakan. Anda akan menggunakannya untuk kebanyakan operasi, seperti memilih hal-hal dan tindakan mengedit umum.
Tombol ini digunakan untuk mengubah tampilan atau pandangan anda dari ruang kerja Anda. Dengan itu, Anda dapat pan, zoom, tilt, dan skala masing-masing melihat secara independen.
Dalam modus ini Anda dapat memindahkan dan memutar poros untuk benda-benda di ruang kerja Anda. Sebuah pivot adalah titik dan orientasi yang digunakan ketika anda memutar skala dan setiap objektifikasi t.
Anda menggunakan tombol ini untuk pindah ke mode edit titik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menambah, bergerak, dan memodifikasi poin individu, tepi, dan wajah-wajah pada objek mesh diedit.
Tiga tombol kecil ini menunjukkan tiga sumbu dunia 3D. Mereka menunjukkan yang sumbu adalah “terkunci ‘, yang memungkinkan Anda untuk bergerak dan memutar berbagai hal dalam setiap arah. Anda bisa secara individual memilih atau tidak memilihnya, dan dengan demikian membatasi gerakan objek yang Anda berubah.
Tiga tombol kecil yang membentuk kelompok radio. Mereka menunjukkan sistem koordinat saat ini Anda gunakan. coordinates when you manipulate things. Anda dapat menggunakan world , object , atau screen ketika Anda memanipulasi hal.
Anda akan menemukan bahwa ada beberapa tombol toolbar umum yang memiliki makna sama atau serupa di lebih dari satu modus edit. They are described next. Mereka dijelaskan selanjutnya.
Arrow Button – Anda menggunakan tombol panah untuk memilih komponen individual.Ketika Anda mengklik pada sebuah objek dengan menggunakan tombol kiri mouse, Anda pilih dan hapus pilihan apapun objek yang dipilih sebelumnya. Bila Anda menggunakan tombol mouse sebelah kanan, Anda meninggalkan benda apapun yang dipilih saat ini dipilih, lalu pilih yang tambahan.
Dengan tombol ini Anda dapat klik dan tarik untuk menunjukkan pilihan sudut-sudut persegi panjang. Setiap dan semua benda-benda yang berada dalam daerah itu kemudian dipilih.Sekali lagi, membatalkan pilihan kiri mouse seleksi sebelumnya setiap item, sedangkan mouse sebelah kanan tidak.
The Move Function – Anda menetapkan ketika Anda ingin memindahkan benda-benda di sekitar di layar. Bila Anda menekan tombol kiri mouse dalam sebuah jendela tampilan, Anda dapat menarik apa saja yang saat ini dipilih dalam arah X dan Y dengan menggerakkan mouse ke kiri dan kanan, atau atas dan bawah. Objek akan bergerak bersama dengan mouse anda. Demikian pula, tombol mouse sebelah kanan mereka akan bergerak sepanjang sumbu Z, yang biasanya ke dalam layar.
The Rotate Button, digunakan untuk memutar hal. Ketika Anda mengklik dan drag tombol kiri mouse, setiap objek akan berputar mengelilingi X dan Y-sumbu bersama dengan mouse anda. Anda dapat menggunakan tombol kanan untuk memutar mereka di Z-sumbu.
The Non-Uniform Scaling Button. Dengan itu Anda dapat skala paling objek independen di X Y arah manapun dengan menggunakan tombol kiri mouse, dan pada arah Z dengan tombol mouse sebelah kanan.
Tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil skala objek di berbagai dimensi.
Ada juga gaya VCR set tombol untuk mengontrol pemutaran animasi Anda. Anda menggunakan tombol-tombol dengan cara yang sama seperti yang di atas standar VCR atau tape.
TOP TOOLBAR
Ini adalah sebuah toolbar yang ada di bagian atas jendela. Anda dapat menggunakan untuk beberapa tugas umum di seluruh Anim8or.

Tombol-tombol pada toolbar atas melakukan hal-hal berikut.
Undo – Jika tombol ini diaktifkan Anda dapat menggunakannya untuk membatalkan perintah edit paling baru.
Redo – permohonan kembali sebuah perintah yang telah Anda undo.
Cut – Menghapus semua komponen yang dipilih dan meletakkan pada clipboard.
Wireframe – Perubahan tampilan kerja Anda untuk gambar rangka objek.
Wireframe – Perubahan tampilan kerja Anda untuk gambar rangka objek.
Smooth – Melihat objek sebagai halus.
Material – Menampilkan / matikan material toolbar.
Arc Rotate – Mengaktifkan alat Arc Rotate. Anda dapat dengan mudah pan, zoom, dan memutar tampilan apapun dengan Arc Rotate.
Snap to Grid – Anda dapat beralih ke mode Kotak dengan tombol ini.
List – Menampilkan daftar komponen-komponen dalam tampilan yang aktif. Anda bisa mengklik pada komponen individu untuk memilih dan tidak memilihnya.
Graph Editor – Menampilkan grafik Elemen yang dipilih’s controller di Scene editor. Anda dapat menggunakan mouse anda untuk menyesuaikan nilai-nilai kunci langsung frame dalam grafik.
KEYBOARD SHORTCUTS
Anda dapat menggunakan cara pintas keyboard untuk beberapa operasi umum. Beberapa cara pintas untuk perintah menu, dan mereka akan ditampilkan di sebelah kanan nama perintah pada menu. Cara pintas umum digunakan ditunjukkan di bawah ini. Sebuah daftar lengkap semua cara pintas dalam Lampiran A, Keyboard Shortcuts.
Alt
Ketika ditekan dan ditahan sebelum menggunakan tombol mouse sebelah kanan, itu mensimulasikan tombol mouse tengah.
Ctrl-A
Pilih Semua – Pilih semua objek dalam tampilan yang aktif.
Ctrl-C
Salin – Menyalin semua objek yang dipilih ke clipboard Anim8or.
Ctrl-F
Terisi view – Tampilkan obyek-obyek yang solid dan bukan sebagai “gambar rangka” terbuat dari garis.
Ctrl-P
Grafik Editor – Menampilkan atau menyembunyikan Grafik Editor.
Ctrl-R
Arc Putar – Masukkan dan meninggalkan Arc mode Putar.
Ctrl-S
Smooth view – Tampilkan benda sebagai padatan halus.
Ctrl-V
Tempel – Tempel berlaku Anim8or objek dari clipboard ke objek saat ini.
Ctrl-W
Gambar rangka view – Tampilkan benda sebagai garis bukan padatan.
Ctrl-X
Cut – Cut semua objek yang dipilih dari ruang kerja saat ini, dan menyalinnya ke clipboard Anim8or.
Ctrl-Y
Redo – permohonan kembali sebuah perintah Undo.
Ctrl-Z
Undo – Undo perintah pengeditan terakhir.
Ctrl-Shift
Sementara berubah menjadi pilih modus. Hal ini memungkinkan Anda untuk secara cepat memilih objek baru dengan menekan tombol Control dan Shift secara bersamaan dan mengklik pada objek, dan kembali ke modus sebelumnya Anda ketika Anda melepaskan kunci.
Del
Tombol ini akan menghapus item yang dipilih saat ini.
Esc
The Escape tombol berhenti sepanjang Scene dari rendering.
1
Mengkonversi beberapa bekerja dilihat pada satu tampilan besar.
4
Membagi layar menjadi 4 pandangan yang berbeda.
a
Pilih ( “Panah”) – Ubah ke Pilih modus.
d
Drag Pilih – Ubah ke Drag Pilih modus.
f
Frame – Frame benda-benda yang terlihat dalam tampilan yang aktif.
F
Frame Dipilih – Frame objek yang dipilih dalam tampilan yang aktif.
m
Pindahkan – Ubah ke Move mode.
n
Non-Skala seragam – Ubah ke Skala seragam Non-mode.
r
Putar – Ubah ke mode Putar.
s
Skala – Ubah ke modus Skala.
Arrow Keys
Anda dapat menggunakan tombol panah untuk memindahkan, memutar, dan skala objek dengan jumlah kecil di Objek editor, dan memajukan tampilan dengan satu frame di Scene Sequence dan editor.
ARC ROTATE
Ketika Anda menekan tombol putar busur di toolbar atas Anim8or menampilkan tampilan khusus atas jendela fokus. Anda kemudian dapat menggunakan mouse untuk pan, skala dan memutar pandangan Anda. Mungkin diperlukan waktu Anda mencoba atau dua untuk membiasakan diri cara kerjanya, tetapi sekali Anda memilikinya dapat menghemat banyak waktu lebih dari metode lainnya.
Untuk yang benar adalah pandangan dari layar memutar busur. Ada enam wilayah yang berbeda di layar, dipisahkan oleh lapisan hijau: bagian dalam, luar, atas dan bawah, dan kiri dan kanan. Masing-masing berperilaku berbeda ketika Anda mengklik mouse Anda di dalamnya, dan masing-masing tombol mouse mengontrol fungsi yang berbeda.
* Left button – Putar tampilan. Mengklik di tengah berputar itu di X dan Y-sumbu. Daerah luar berputar di sekitar Z-sumbu. Mengklik di dalam salah satu dari empat kotak kecil berputar pada sumbu X (untuk bagian atas dan bawah) atau sumbu Y (untuk kiri dan kanan) saja.
* Right button – Pindahkan pandangan. Daerah pusat bergerak pandangan Anda kiri dan kanan, dan daerah luar bergerak masuk dan keluar dari layar. Anda mungkin tidak melihat perubahan ketika pindah ke layar di ortogonal dilihat tetapi mereka akan menjadi jelas dalam pandangan perspektif.
* Middle button – Skala pemandangan. Daerah yang berbeda semua berperilaku yang sama ketika Anda sedang memanjat tampilan. Catatan: Jika Anda memiliki dua tombol mouse Anda dapat menekan terus tombol Alt dan tombol kanan Anda akan bertindak seperti tombol tengah.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Rate us

Quick Search

Total Pageviews

 
Support : Facebook Admin | Twitter Admin
Copyright © 2013. Animator Indonesia - All Rights Reserved
Copyright © 2013. Sidik Permana - All Rights Reserved